Sukses Move One! 5 Tips Ampuh untuk Menerima Kekalahan

mssport.net – Menjadi atlet bukanlah persoalan mudah, terlebih lagi bagi mereka yang bertarung di kancah internasional seperti Asian Games. Mereka harus menghadapi kompetisi yang begitu ketat dan berlaga bersama kontingen-kontingen lain yang berasal dari berbagai negara di Asia.

Sukses Move One! 5 Tips Ampuh untuk Menerima Kekalahan

Bukan hanya bermodal kekuatan fisik, atlet harus memiliki psikologis yang tahan banting karena tantangan terberat di dunia olahraga datang dari tekanan mental. Seperti ketika atlet yang harus senantiasa melawan rasa sakit dan kemalasan untuk meningkatkan performa agar lebih baik atau ketika latihan keras selama bertahun-tahun harus dibayar dengan sebuah kekalahan.

Metode yang kurang tepat dalam menerima kekalahan akan menimbulkan depresi dan masalah berkelanjutan. Oleh karena itu, untuk menghadapi sebuah kekalahan dibutuhkan metode yang baik dan benar.

  1. Kesempatan Berikutnya

Faktor utama yang membuat seseorang depresi saat menghadapi kegagalan adalah karena merasa ini adalah kesempatan terakhirnya untuk berhasil. Padahal akan selalu ada kesempatan di waktu dan tempat yang lain jika kita berpikir positif.

  1. Menghargai Diri

Kamu telah mengusahakan yang terbaik untuk menjadi seorang pemenang, maka sudah hal yang sewajarnya untuk kamu menghargai diri sendiri atas usaha yang telah kamu lakukan. Jangan terlalu menghukum diri dan kamu bisa mencoba untuk lebih baik lagi di lain hari.

  1. Makhluk Lemah

Sekuat apapun kita berusaha, akan selalu ada faktor yang diluar kekuasaan manusia. Inilah yang seseorang harus sadari, bahwa manusia makhluk lemah yang terkadang harus pasrah pada suatu kondisi jika tidak ada lagi yang bisa ia lakukan.

  1. Hal Wajar

Kekalahan merupakan hal yang wajar dan bukan sesuatu yang memalukan. Terimalah sebuah kekalahan sebagai tolok ukur untuk berintrospeksi diri agar bisa melakukan usaha yang lebih baik di masa depan.

  1. Bersikap Sportif

Saat kamu kalah dalam sebuah pertandingan, sedikitnya kamu akan merasa kesal karena hasil yang didapat tidak sesuai dengan yang diharapkan. Tapi bukan berarti kamu bisa meluapkan hal itu pada lawan dengan bersikap tidak sportif. Ucapkan selamat dan terima kekalahan dengan lapang dada.